Langkah langkah dan tips mendidik anak yang baik dan benar

Langkah langkah dan tips mendidik anak yang baik dan benar
tips mendidik anak supaya nurut.

selamat malam sahabat info-me.
pada kesempatan kali ini penulis mau sedikit share mengenai bagaimana cara mendidik anak yang baik.
apa saja yang mesti kita lakukan untuk mendidik anak yang baik dan benar.
inilah beberapa hasil survei penulis dari berbagai sumber cara mendidik anak yang baik dan benar.

gambar orang tua yang lagi mengajar anaknya
mendidik anak yang baik dan benar 

1. Perhatikan dan Dengarkan Pendapat Anak
Jika anak punya pendapat, dengarkan dan berikan perhatian tanpa berusaha untuk mempengaruhinya. Bila perlu, kemukakan pendapat dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak. Hal ini akan membuat hubungan orang tua dan anak jadi lebih akrab, hingga anak dapat menyatakan perasaannya. Termasuk perasaan yang baik dan buruk, seperti marah dan tidak senang, tanpa takut kehilangan kasih sayang dari orang tua.

2. Membantu Mengatasi Masalah Anak
Butuh bimbingan kala menghadapi masalah, namun orang tua jangan sesekali memaksakan pendapatnya. Pahami masalah sesuai sudut pandang anak dan berikan beberapa pendapat serta doronglah anak untuk memilih yang sesuai dengan keadaannya.

3.Melatih Anak Mengenal Diri Sendiri dan Lingkungan
Ajaklah anak mengenal dirinya. “Saya ini anak laki-laki” atau “Saya adalah anak perempuan.” Lalu mengenalkan orang lain di lingkungannya, ada ibu, bapak, kakek, nenek, paman dan lainnya. Dengan demikian, semakin lama pengenalan anak kian luas. Anak juga perlu dilatih mengenal emosi dan cara menyalurkan emosi yang baik agar tidak menyakiti dirinya sendiri atau orang lain.

4.Mengembangkan Kemandirian
Rangsanglah inisiatif dan berikan kebebasan untuk mengembangkan diri. Beri kesempatan mengerjakan sesuatu menurut keinginan mereka sendiri. Tentu saja asalkan tidak bertentangan dengan norma masyarakat. Untuk memupuk inisiatif anak, beri pujian pada apa yang telah berhasil dilakukan dan bukan malah mencelanya.

5.Memahami Keterbatasan Anak Setiap individu
Termasuk anak, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Orang tua hendaknya jangan menuntut melebihi kemampuan anak. Yang tak kalah penting, jangan pernah membanding-bandingkan anak yang satu dengan anak yang lain.

  6.Menerapkan Nilai Agama dalam Kehidupan Sehari-hari
 Nilai-nilai agama perlu diajarkan sejak usia dini sekaligus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Cara paling baik, beri contoh dan minta anak berlaku sama. Misalnya berdoa sebelum melakukan kegiatan apa pun, memaafkan kesalahan orang lain, mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan dan lain-lain.

itulah beberapa Langkah langkah dan tips mendidik anak yang baik dan benar.
cara mendidik anak yang baik dan benar.

sampai disini dulu untuk postingan mengenai cara mendidik anak yang baik dan benar.
semoga bermanfaat.