solusi tepat untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa

solusi tepat untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa
solusi tepat untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa

anda seorang pelajar atau mahasiswa, dan sering kekeringan dalam masalah keuangan?
penulis mau sedikit berbagi info dan mudah-mudah bisa membantu .


Mahasiswa memang memiliki pengeluaran yang cukup tinggi terutama jika terdapat biaya sewa rumah atau kos. Namun, sahabat bisa tenang karena pengelolaan keuangan yang baik tentu akan membawa pada perubahan yang positif.

solusi tepat untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa
solusi tepat untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa

 Kebutuhan utama mahasiswa bisa berupa pengeluaran untuk mendukung perkuliahan (buku, fotocopy, dll), tempat tinggal (jika kos atau sewa rumah).

Kebutuhan lainnya atau sekunder misalnya laptop. Dari sini menjadi titik awal pengelolaan. Dana yang dimiliki diprioritaskan untuk untuk kebutuhan utama dan selanjutnya dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Sebenarnya, mengetahui mana kebutuhan primer dan yang bukan, tidak cukup. Makanan termasuk kebutuhan utama semua orang namun bukan berarti menjadi pembenaran bagi anak kuliah untuk menghabiskan sebagian besar duit yang dimiliki untuk membeli makanan. Hal ini berarti membedakan keinginan dan kebutuhan perlu dilakukan.

Menyambung contoh makanan sebelumnya, jika membeli makanan mahal di restoran sudah tentu hal ini adalah keinginan. Mengapa? Karena untuk mengisi perut dengan makanan yang sehat dan enak tidak harus di restoran mahal. Bukan berarti anak kuliah tidak boleh membeli makanan mahal loh. Jika dana masih cukup, sekali-sekali tentu saja dipersilakan.

sahabat  mungkin telah kuliah beberapa bulan atau beberapa semester. Nah, untuk kebutuhan makanan dan kos bisa dengan gampang diperkirakan. Selanjutnya, dana lebihnya dapat dialokasikan untuk perkuliahan, seperti membeli buku dan bahan-bahan tugas kuliah.

Sebagai mahasiswa, berhasil mengerjakan dan mengikuti kuliah dengan baik merupakan tujuan terpenting. Jadi jika memang ada banyak biaya kegiatan kuliah yang tidak dapat dihindarkan maka kebutuhan lainnya perlu dilakukan penyesuaian. Misalnya membeli makanan yang harga yang lebih murah namun tetap bersih dan enak.

Tugasnya adalah memburu informasi tempat makan yang paling cocok dengan anak kuliah. Teman-teman bisa menjadi referensi utama dalam hal ini. sahabat juga dapat memburu informasi dari teman tempat membeli perlengkapan kuliah yang ringan di kantong.

Selain membedakan keinginan dan kebutuhan, perlu juga membedakan darurat atau tidak darurat. Akhir bulan biasanya waktu yang sekarat buat dompet anak kuliah. Anak kuliah berdarah-darah menunggu datangnya awal bulan.

Nah, pada saat itu pasti banyak kebutuhan penting yang perlu dipenuhi. Di saat ini lah kebutuhan kebutuhan yang urgen atau tidak, perlu dipilah-pilah. Kadang kala anak kuliah juga menghadapi situasi, banyak hal yang darurat dan penting namun tidak memiliki dana yang cukup. Dananya baru akan diterima bulan depan atau mungkin beberapa hari ini.

Pada masa genting ini, utang ringan dari saudara atau teman bisa dijadikan alternatif. Tidak ada larangan utang jika bermanfaat dan tidak berbahaya bagi mahasiswa. Namun, pastinya ketika dana segar diterima, utang tersebut perlu segera dilunasi. Kepentingan terpenuhi, kepercayaan masih terjaga.

Jika memungkinkan ada baiknya Machi melakukan pekerjaan part time jika memang tingginya biaya perkuliahan dan tidak bisa dihindarkan lagi. Namun, sebaiknya melakukan hal ini dengan mempertimbangkan tidak akan mengganggu prestasi.
Selamat mengelola keuangan dan menunaikan tugas kuliah. Capai masa depan cerah dan raih mimpimu.

itu lah sedikit tips dari penulis menganai solusi tepat untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa.
semoga bisa membantu buat sahabat semuanya.
sumber : okezone.com
sudah cara menghilangkan bekas noda jerawat? disini!