Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan

Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan - Siapa yang tidak suka bakso, makanan berupa buntelan daging berbentuk bulat seperti bla pingpong ini sangat populer. Tidak hanya di Indonesia, namun juga di mancanegara. Di barat, bakso sendiri disebut dengan meat ball atau bola daging, sesuai dengan bentuknya yang bulat dan bahan utamanya yang dari daging. Pada perkembangannya, bakso tidak harus dibuat dengan daging sapi, bisa juga dengan daging ayam, daging ikan, daging udang, dan lain-lain. Nah, sehingga untuk Anda yang tidak suka daging sapi, dan lebih suka daging ikan, maka Anda bisa mencoba membuat bakso ikan sendiri di rumah. Tidak tahy resep dan cara membuatya? tenang, berikut ini adalah resep dan cara membuat bakso ikan yang bisa Anda coba.


Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan

Bahan yang diperlukan:
  • 1/4 kg daging ikan tenggiri, usahanlah memilih ikan tenggiri yang masih segar agar rasa bakso ikan nya lebih enak dan gurih
  • 25 gram tepung sagu
  • 50 ml air es
  • 50 gr tepung kanji
Bumbu-bumbu :
  • 1/2 sdt merica
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam halus
Cara membuat :
  1. pisahkan daging ikan tenggiri dengan tulangnya, kemudian haluskan menggunakan food processor ( mesin giling untuk daging ikan ) atau bisa juga menggunakan blender.
  2. Setelah halus, selanjutnya tammbahkan air es dan garam serta ditambah bumbu lain ( rempah-rempah lainnya ) hingga jadi adonan yang kental dan gampang dibentuk. Sedikit demi sedikit tambahkan tepung kanji supaya adonan lebih mengikat dan lebih kental. Tambahkan tepung kanji secukupnya saja dari berat daging ikan, agar cita rasa daging ikannya tetap terus terasa kuat.
  3. Untuk membentuk adonan bakso ikannya jadi terlihat bulat anda bisa menggunakan 2 sendok teh atau sendok makan. Cranya yaitu ambil adonan dengan satu sendok, kemudian bentuk bulat dengan bantuan sendok yang satunya lagi. Langkah ini merupakan langkah membuat bakso yang lebih higienis. Sayangnya kebanyakan tukang bakso membuat bakso menggunakan tangannya. Langkahnya yaitu mengambil segenggam adonan dengan tangan, lantas diremas dan ditekan ke arah ibu jari dan adonan bisa keluar dari ibu jari dan telunjuk serta membentuk bulatan kemudian ambil dengan menggunakan sendok. Selanjutnya bakso yang sudah terbentuk sebaiknya segera direbus atau segera masukkan ke dalam air mendidih hingga masak. Perebusan bakso biasanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit. Hingga bakso terlihat mengapung di permukaan air dan ulangilah proses-proses pembentukan bakso hingga seluruh adonan habis.
Bagaimana, cukup mudah bukan? jika Anda adalah penggemar makanan bakso, namun ragu untuk jajan bakso sembarangan karena takut akan faktor kebersihannya, atau bahan-bahan yang digunakan, maka akan lebih aman dan sehat jika Anda membuat bakso sensiri di rumah dengan melihat resep cara membuat bakso ikan di atas. baca juga artikel kata mutiara cinta