Kekurangan dan kelebihan Velg Almunium,Velg Besi, Velg Racing

Velg motor, merupakan bagian terpenting untuk sebuah motor, karena bagian ini bagian untuk penyangga beban, yaitu pada ban, tanpa velg suatu kendaraan tidak akan pernah jalan. velg itu dibagai menjadi 3 macam, Velg Cast Wheel (CW),Velg Besi, Velg Almunium. nah pada kesempatan kali ini penulis akan share mengenai ke kurangan dan kelebihan dari masing-masing velg tersebut:

inilah kekurangan dan kelebihan untuk masing-masing velg motor :

Velg Cast Wheel (CW)

bisa juga disebut  velg racing karena sering digunakan pada motor balap. Kelebihan  dari velg CW adalah sebab bentuknya yang  kokoh sehingga stabil jika digunakan untuk motor balap. Untuk bobot velg rata-rata sama dengan bobot velg besi, tetapi ada pula yang lebih ringan dengan bahan dasar logam magnesium. Untuk biaya memang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan velg jenis lainnya. dalam segi model juga begitu gagah.

Velg Besi

Velg Besi ini terbuat dari logam besi yang bagian luarnya dilapis krom. Velg jenis ini terkenal karena kekuatannya menahan beban dan berat , maka dari itu sering digunakan pada motor enduro/motocross. Selain kuat velg berbahan besi tergolong paling murah diantara velg model lainnya. Kekurangan velg besi adalah gampang terserang karat jika tidak dirawat dengan baik apalagi saat musim hujan.


Velg Almunium

Velg almunium ini terkenal karena bobotnya yang ringan jika dibandingkan velg model Velg Besi,Velg racing lainnya dan tahan terhadap karat. Oleh sebab itu velg almunium sering digunakan pada motor Drag dan road race. Karena terbuat dari almunium, biaya produksinya lebih besar jika dibandingkan dengan velg berbahan dasar besi. kekurangan dari velg almunium ini  yaitu , karena terbuat dari logam lunak sehingga velg almunium tidak kuat dengan benturan keras dan bobot kendaraan yang berat. sehingga mudah goyang dan tidak stabil. biasanya hanya untuk dipakai di jalan yang bagus dan tidak banyak lubang.

itulah sahabat untuk postingan kalini mengenai Kekurangan dan kelebihan Velg Almunium,Velg Besi, Velg Racing.
semoga bermanfaat untuk sahabat semuanya terutama penggemar otomotif. 

baca juga :